BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Internet of Things (IoT)
adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu
sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang
memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing”
di dunia teknologi informasi komunikasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali
potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut.
Teknologi informasi
komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan
kualitas sumber daya manusia dan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Kesadaran
pentingnya Teknolgi Komunikasi dan Informasi yang bisanya disebut ICT (Information and Communication Technology),
bukan hanya monopoli kalangan
pengusaha besar saja tetapi juga bertumbuh di kalangan pengusaha kecil dan
kekuatan-kekuatan masyarakat
lain, seperti Koperasi, Kelompok Tani, dan Masyarakat biasa. Teknologi juga
memegang peranan penting dalam pengembangan pertanian. Teknologi dimanfaatkan
dalam tiga cabang utama pertanian yaitu penanaman, peternakan, dan perikanan.
Dengan demikian kami
berinisiatif untuk membuka suatu perusahaan di bidang pertanian yang
mengkaitkan Internet of Things (IoT) yang
bertujuan untuk menjadikan pertanian yang lebih modern, efesien dan efektif
serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era milenieal ini.
1.2 Tentang Perusahaan
Perusahaan kami bernama PT Digital Habibi Nusantara, yang
berlokasi di Jl. Bintara Jaya 2, Block C, No. 18, Kel. Bintara Jaya, Kec. Bekasi
Barat. PT Digital Habibi Nusantara
adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pertanian
khususnya sebagai mediator antara petani dan investor. Proses pengelolaan data dan pelayanan
bisnis pada Habibi
Garden dilakukan secara manual,
sehingga penyimpanan data dan
pelayanan
bisnis masih kurang efektif dan efisien. Hal
tersebut membuat pihak pengelola mengalami kesulitan dalam mengelola data dan
pelayanan bisnis.
BAB
II
RENCANA
ORGANISASI
2.1
Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang
dimiliki oleh PT Digital Habibi Nusantara :
2.2
Deskripsi Tugas
Deskripsi
tugas dari setiap jabatan di PT Digital Habibi Nusantara:
·
CEO
(Chief Executive Officer) bertugas
untuk menjalin hubungan kerja sama dengan pihak investor dan bertanggung jawab
atas meningkat atau tidaknya perusahaan serta bertanggung jawab atas semua
divisi yang berada di bawahnya.
·
CTO
(Chief Technology Officer) bertugas
untuk bertangguh jawab atas semua kegiatan yang berkaitan dengan teknologi
seperti pembuatan software, perancangan sistem alat, dll.
·
CFO
(Chief Finance Officer) bertugas
untuk membuat perencaan keuangan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan
keungan lainnya.
·
CMO
(Chief Marketing Officer) bertugas
untuk membuat rencana pemasaran serta bertanggung jawab atas segala kegiatan
yang berkaitan dengan pemasaran.
·
Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat
yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·
Pekerja bertugas untuk menjalankan semua
perintah yang diberikan oleh atasannya dan bertanggung atas pekerjaan yang
menjadi scope pekerjaannya,
BAB III
RENCANA PEMASARAN
3.1. Penetapan Harga
Harga yang akan
dikenekan adalah harga yang diperkirankan dapat diterima oleh masyarakat dari
semua kalangan setelah memperhitungkan dengan cukup matang. Untuk selanjutnya
harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis
Produk
|
Harga
|
1
|
Habibi Dosis Pump
|
Rp1.000.000
|
2
|
Habibi Sensor
|
Rp400.000
|
3
|
Habibi Box
|
Rp500.000
|
3.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi yang mendekatkan diri kepada
komsumen agar bisa lebih percayai kualitas
hand made sesuai disain yang diminati konseumen pada saat ini,
diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya
sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
sebanyak-banyaknya.
3.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
·
Mengupdate produk melalui sosial media
·
Membuat
catalog-katalog mengenai produk yang dijual
·
Melakukan sosialisasi produk kepada teman dan
sebagian kalangan remaja pada umumnya
BAB IV
RENCANA KEUANGAN
Sebagai sumber awal mula pendirian perusahaan
ini yaitu dari pemilik perusahaan sendiri. Sebagai investasinya untuk itu
didirikanlah perusahaan dalam bidang pertanian. Adapun dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
- Penyewaan Kantor Rp45.000.000,-
- Perlengkapan dan peralatan kantor Rp55.000.000,-
- Bahan Produksi Rp100.000.000,-
- Dan lain-lain Rp200.000.000,- +
Total
Rp400.000.000,-
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Internet of Things (IoT)
adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu
sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang
memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing”
di dunia teknologi informasi komunikasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali
potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut.
Teknologi informasi
komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan
kualitas sumber daya manusia dan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Kesadaran
pentingnya Teknolgi Komunikasi dan Informasi yang bisanya disebut ICT (Information and Communication Technology),
bukan hanya monopoli kalangan
pengusaha besar saja tetapi juga bertumbuh di kalangan pengusaha kecil dan
kekuatan-kekuatan masyarakat
lain, seperti Koperasi, Kelompok Tani, dan Masyarakat biasa. Teknologi juga
memegang peranan penting dalam pengembangan pertanian. Teknologi dimanfaatkan
dalam tiga cabang utama pertanian yaitu penanaman, peternakan, dan perikanan.
Dengan demikian kami
berinisiatif untuk membuka suatu perusahaan di bidang pertanian yang
mengkaitkan Internet of Things (IoT) yang
bertujuan untuk menjadikan pertanian yang lebih modern, efesien dan efektif
serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era milenieal ini.
1.2 Tentang Perusahaan
Perusahaan kami bernama PT Digital Habibi Nusantara, yang
berlokasi di Jl. Bintara Jaya 2, Block C, No. 18, Kel. Bintara Jaya, Kec. Bekasi
Barat. PT Digital Habibi Nusantara
adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pertanian
khususnya sebagai mediator antara petani dan investor. Proses pengelolaan data dan pelayanan
bisnis pada Habibi
Garden dilakukan secara manual,
sehingga penyimpanan data dan
pelayanan
bisnis masih kurang efektif dan efisien. Hal
tersebut membuat pihak pengelola mengalami kesulitan dalam mengelola data dan
pelayanan bisnis.
BAB
II
RENCANA
ORGANISASI
2.1
Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang
dimiliki oleh PT Digital Habibi Nusantara :
2.2
Deskripsi Tugas
Deskripsi
tugas dari setiap jabatan di PT Digital Habibi Nusantara:
·
CEO
(Chief Executive Officer) bertugas
untuk menjalin hubungan kerja sama dengan pihak investor dan bertanggung jawab
atas meningkat atau tidaknya perusahaan serta bertanggung jawab atas semua
divisi yang berada di bawahnya.
·
CTO
(Chief Technology Officer) bertugas
untuk bertangguh jawab atas semua kegiatan yang berkaitan dengan teknologi
seperti pembuatan software, perancangan sistem alat, dll.
·
CFO
(Chief Finance Officer) bertugas
untuk membuat perencaan keuangan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan
keungan lainnya.
·
CMO
(Chief Marketing Officer) bertugas
untuk membuat rencana pemasaran serta bertanggung jawab atas segala kegiatan
yang berkaitan dengan pemasaran.
·
Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat
yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·
Pekerja bertugas untuk menjalankan semua
perintah yang diberikan oleh atasannya dan bertanggung atas pekerjaan yang
menjadi scope pekerjaannya,
BAB III
RENCANA PEMASARAN
3.1. Penetapan Harga
Harga yang akan
dikenekan adalah harga yang diperkirankan dapat diterima oleh masyarakat dari
semua kalangan setelah memperhitungkan dengan cukup matang. Untuk selanjutnya
harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis
Produk
|
Harga
|
1
|
Habibi Dosis Pump
|
Rp1.000.000
|
2
|
Habibi Sensor
|
Rp400.000
|
3
|
Habibi Box
|
Rp500.000
|
3.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi yang mendekatkan diri kepada
komsumen agar bisa lebih percayai kualitas
hand made sesuai disain yang diminati konseumen pada saat ini,
diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya
sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
sebanyak-banyaknya.
3.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
·
Mengupdate produk melalui sosial media
·
Membuat
catalog-katalog mengenai produk yang dijual
·
Melakukan sosialisasi produk kepada teman dan
sebagian kalangan remaja pada umumnya
BAB IV
RENCANA KEUANGAN
Sebagai sumber awal mula pendirian perusahaan
ini yaitu dari pemilik perusahaan sendiri. Sebagai investasinya untuk itu
didirikanlah perusahaan dalam bidang pertanian. Adapun dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
- Penyewaan Kantor Rp45.000.000,-
- Perlengkapan dan peralatan kantor Rp55.000.000,-
- Bahan Produksi Rp100.000.000,-
- Dan lain-lain Rp200.000.000,- +
Total
Rp400.000.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar