Jumat, 10 November 2017

Makalah Pengembangan Bisnis PT Digital Habibi Nusantara



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi informasi komunikasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut.
Teknologi informasi komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Kesadaran pentingnya Teknolgi Komunikasi dan Informasi yang bisanya disebut ICT (Information and Communication Technology), bukan hanya monopoli kalangan pengusaha besar saja tetapi juga bertumbuh di kalangan pengusaha kecil dan kekuatan-kekuatan masyarakat lain, seperti Koperasi, Kelompok Tani, dan Masyarakat biasa. Teknologi juga memegang peranan penting dalam pengembangan pertanian. Teknologi dimanfaatkan dalam tiga cabang utama pertanian yaitu penanaman, peternakan, dan perikanan. 

 
Dengan demikian kami berinisiatif untuk membuka suatu perusahaan di bidang pertanian yang mengkaitkan Internet of Things (IoT) yang bertujuan untuk menjadikan pertanian yang lebih modern, efesien dan efektif serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era milenieal ini.
1.2  Tentang Perusahaan
Perusahaan kami bernama PT Digital Habibi Nusantara, yang berlokasi di Jl. Bintara Jaya 2, Block C, No. 18, Kel. Bintara Jaya, Kec. Bekasi Barat. PT Digital Habibi Nusantara  adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pertanian khususnya sebagai mediator antara petani dan investor. Proses pengelolaan data dan pelayanan bisnis pada Habibi Garden dilakukan secara manual, sehingga penyimpanan data dan pelayanan bisnis masih kurang efektif dan efisien. Hal tersebut membuat pihak pengelola mengalami kesulitan dalam mengelola data dan pelayanan bisnis.



BAB II
RENCANA ORGANISASI

2.1 Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang dimiliki oleh PT Digital Habibi Nusantara :


 










2.2 Deskripsi Tugas
Deskripsi tugas dari setiap jabatan di PT Digital Habibi Nusantara:
·         CEO (Chief Executive Officer) bertugas untuk menjalin hubungan kerja sama dengan pihak investor dan bertanggung jawab atas meningkat atau tidaknya perusahaan serta bertanggung jawab atas semua divisi yang berada di bawahnya.
·         CTO (Chief Technology Officer) bertugas untuk bertangguh jawab atas semua kegiatan yang berkaitan dengan teknologi seperti pembuatan software, perancangan sistem alat, dll.
·         CFO (Chief Finance Officer) bertugas untuk membuat perencaan keuangan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan keungan lainnya.
·         CMO (Chief Marketing Officer) bertugas untuk membuat rencana pemasaran serta bertanggung jawab atas segala kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran.
·         Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·         Pekerja bertugas untuk menjalankan semua perintah yang diberikan oleh atasannya dan bertanggung atas pekerjaan yang menjadi scope pekerjaannya,

BAB III
RENCANA PEMASARAN

3.1.   Penetapan Harga
            Harga yang akan dikenekan adalah harga yang diperkirankan dapat diterima oleh masyarakat dari semua kalangan setelah memperhitungkan dengan cukup matang. Untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Habibi Dosis Pump
Rp1.000.000
2
Habibi Sensor
Rp400.000
3
Habibi Box
Rp500.000

3.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi yang mendekatkan diri kepada komsumen agar bisa lebih percayai kualitas  hand made sesuai disain yang diminati konseumen pada saat ini, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.  

3.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan  
·         Mengupdate produk melalui sosial media
·          Membuat catalog-katalog mengenai produk yang dijual
·         Melakukan sosialisasi produk kepada teman dan sebagian kalangan remaja pada umumnya







BAB IV
RENCANA KEUANGAN

Sebagai sumber awal mula pendirian perusahaan ini yaitu dari pemilik perusahaan sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang pertanian. Adapun dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

-          Penyewaan Kantor                                           Rp45.000.000,-
-          Perlengkapan dan peralatan kantor                 Rp55.000.000,-
-          Bahan Produksi                                               Rp100.000.000,-
-         Dan lain-lain                                                     Rp200.000.000,-  +
Total                                                                 Rp400.000.000,-






BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi informasi komunikasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut.
Teknologi informasi komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Kesadaran pentingnya Teknolgi Komunikasi dan Informasi yang bisanya disebut ICT (Information and Communication Technology), bukan hanya monopoli kalangan pengusaha besar saja tetapi juga bertumbuh di kalangan pengusaha kecil dan kekuatan-kekuatan masyarakat lain, seperti Koperasi, Kelompok Tani, dan Masyarakat biasa. Teknologi juga memegang peranan penting dalam pengembangan pertanian. Teknologi dimanfaatkan dalam tiga cabang utama pertanian yaitu penanaman, peternakan, dan perikanan.
Dengan demikian kami berinisiatif untuk membuka suatu perusahaan di bidang pertanian yang mengkaitkan Internet of Things (IoT) yang bertujuan untuk menjadikan pertanian yang lebih modern, efesien dan efektif serta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di era milenieal ini.
1.2  Tentang Perusahaan
Perusahaan kami bernama PT Digital Habibi Nusantara, yang berlokasi di Jl. Bintara Jaya 2, Block C, No. 18, Kel. Bintara Jaya, Kec. Bekasi Barat. PT Digital Habibi Nusantara  adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pertanian khususnya sebagai mediator antara petani dan investor. Proses pengelolaan data dan pelayanan bisnis pada Habibi Garden dilakukan secara manual, sehingga penyimpanan data dan pelayanan bisnis masih kurang efektif dan efisien. Hal tersebut membuat pihak pengelola mengalami kesulitan dalam mengelola data dan pelayanan bisnis.



BAB II
RENCANA ORGANISASI

2.1 Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang dimiliki oleh PT Digital Habibi Nusantara :


 










2.2 Deskripsi Tugas
Deskripsi tugas dari setiap jabatan di PT Digital Habibi Nusantara:
·         CEO (Chief Executive Officer) bertugas untuk menjalin hubungan kerja sama dengan pihak investor dan bertanggung jawab atas meningkat atau tidaknya perusahaan serta bertanggung jawab atas semua divisi yang berada di bawahnya.
·         CTO (Chief Technology Officer) bertugas untuk bertangguh jawab atas semua kegiatan yang berkaitan dengan teknologi seperti pembuatan software, perancangan sistem alat, dll.
·         CFO (Chief Finance Officer) bertugas untuk membuat perencaan keuangan dan semua kegiatan yang berkaitan dengan keungan lainnya.
·         CMO (Chief Marketing Officer) bertugas untuk membuat rencana pemasaran serta bertanggung jawab atas segala kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran.
·         Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
·         Pekerja bertugas untuk menjalankan semua perintah yang diberikan oleh atasannya dan bertanggung atas pekerjaan yang menjadi scope pekerjaannya,

BAB III
RENCANA PEMASARAN

3.1.   Penetapan Harga
            Harga yang akan dikenekan adalah harga yang diperkirankan dapat diterima oleh masyarakat dari semua kalangan setelah memperhitungkan dengan cukup matang. Untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Habibi Dosis Pump
Rp1.000.000
2
Habibi Sensor
Rp400.000
3
Habibi Box
Rp500.000

3.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi yang mendekatkan diri kepada komsumen agar bisa lebih percayai kualitas  hand made sesuai disain yang diminati konseumen pada saat ini, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.  

3.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan  
·         Mengupdate produk melalui sosial media
·          Membuat catalog-katalog mengenai produk yang dijual
·         Melakukan sosialisasi produk kepada teman dan sebagian kalangan remaja pada umumnya







BAB IV
RENCANA KEUANGAN

Sebagai sumber awal mula pendirian perusahaan ini yaitu dari pemilik perusahaan sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang pertanian. Adapun dana yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

-          Penyewaan Kantor                                           Rp45.000.000,-
-          Perlengkapan dan peralatan kantor                 Rp55.000.000,-
-          Bahan Produksi                                               Rp100.000.000,-
-         Dan lain-lain                                                     Rp200.000.000,-  +
Total                                                                 Rp400.000.000,-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar